SMPN 6 Sumenep Jln. Saluran Air Pamolokan Tlp. (0328) 665833
Visi dan Misi SMPN 6 Sumenep Visi : Cerdas, cakap dan berbudaya berbasis iptek dengan dasar iman dan takwa
Misi :
- Mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan.
- Mengoptimalkan proses pembelajaran
- Meningkatkan GSA (gain score achievement) Ujian Nasional
- Meningkatkan prestasi nonakademik
- Mengoptimalkan kegiatan pengembangan diri
- Meningkatkan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi
- Mengoptimalkan pengamalan ajaran agama
- Mengoptimalkan pelaksanaan penilaian secara berkelanjutan.
Pada akhir tahun pelajaran 2008/2009 sekolah dapat:
- mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dengan melengkapi perangkat pembelajaran yang meliputi: silabus, RPP, sistem penilaian ;
- mengoptimalkan proses pembelajaran dengan pendekatan nonkonvensional, di antaranya CTL, PAKEM, dan pembelajaran berbasis masalah;
- memperoleh selisih NUN (GSA): 0,5 (dari 6,49 menjadi 7,00)
- meraih kejuaraan bidang olahraga dan seni tingkat provinsi;
- meraih kejuaraan olimpiade MIPA tingkat kabupaten;
- membiasakan 90% siswa melaksanakan kegiatan budaya membaca iptek, keagamaan, dan fiksi;
- membekali 80% siswa untuk mengembangkan minat dan bakat melalaui kegiatan ekstrakurikuler;
- mengoptimalkan fungsi layanan bimbingan dan konseling;
- membekali 75 % peserta didik untuk mampu mengakses berbagai informasi yang positif melalui internet;
- membekali agar dapat mengimplementasikan ajaran agamanya melalui kegiatan pembelajaran agama dan ekstra tartil Al qur an ;
- mengembangkan penilaian autentik secara berkesinambungan.
- mengoptimalkan program perbaikan dan pengayaan
Sebagai pengembangan dari tujuan sekolah SMP NEGERI 6 SUMENEP kedepan akan mengembangkan program strategis sebagai berikut :
- Pengembangan Pendidikan dengan mutu lulusan yang cerdas, terampil, berbudaya, dan berakhlakulkarimah
- Pengembangan pendidikan yang adil dan merata.
- Pengembangan pendidikan yang bermutu, efisien, relevan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat serta berdaya saing tinggi.
- Pengembangan sistim pengelolaan pendidikan yang transparan, akuntabel, partisipatif, dan efektif yang ditopang dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
- Pengembangan kurikulum yang sesuai standar nasional pendidikan yang meliputi : pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan, penyusunan kalender pendidikan, pengembangan kurikulum berbasis kompetensi, pengembangan silabus, pengembangan sistim penilaian, rencana pembelajaran dan pengembangan beban belajar.
- Pengembangan pembelajaran dengan pendekatan CTL melalui penerapan 7 pilar CTL, pendekatan PAIKEM serta pemanfaatan media pembelajaran berbasis ITC.
- Pengembangan fasilitas sekolah meliputi fasilitas pembelajaran dan fasilitas penunjang lainnya sesuai kebutuhan.
- Pengembangan manajemen berbasis sekolah melalui optimalisasi pengambilan keputusan partisipatif.
- Pengembangan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan lainnya meliputi pengembangan kompetensi profesionalisme, paedagogik, sosial, dan aspek kepribadian.
- Pengembangan standar kelulusan melalui pengembangan SKL, pengembangan standar ketuntasan belajar minimal.
- Pengembangan standar penilaian berbasis kelas.
- Pengembangan pembiayaan mutu pendidikan yang rasional
0 komentar:
Posting Komentar