Panen Raya Padi di Desa Batu Belah, Kecamatan Dasuk Sumenep

3/03/2009

Pagi sebelum acara panen dimulai, masyarakat yang terdiri atas laki - laki dan perempuan berkumpul di tanah lapang. Mereka bersiap - siap panen bersama untuk padi yang telah menguning. Tanpa dikomando, masing - masing warga menyumbangkan hasil alam yang dimiliki.

Di antaranya, singkong rebus yang dimasak seperti nasi. Ada juga kacang dan pisang rebus. Semua masakan warga dikumpulkan dalam satu meja besar yang terbuat dari bambu. Pada saat tiba waktunya makan, mereka menyantapnya bersama - sama.

Sebelum panen dilaksanakan, sesepuh adat membakar dupa. Ini sebagai tanda upacara segera dimulai. Selanjutnya, seseorang yang dituakan memimpin acara dengan membaca surat Alfatihah diikuti warga lainnya. Usai membaca Fatihah, sesepuh lainnya membaca salawat.

Sebagian lainnya berdiri membentuk barisan dan berzaffin bersama - sama. Sesaat sebelum makan bersama, seorang lainnya memimpin doa. Akhir ritual ini berujung makan bersama sebelum beranjak ke sawah yang padinya siap dipanen. Makan bersama dianggap suplai tenaga karena memotong padi butuh tenaga.

Para pemanen padi itu tidak diongkos. Sebab, semua petani bekerja untuk memanen sawahnya dan memanen padi yang tumbuh di sawah orang lain. Begitu seterusnya sampai semua sawah selesai dipanen. Seorang tetua adat Haji Faruq kembali berdiri di hadapan petani. Dia membaca rute sawah yang akan dipanen secara bergiliran. Dia mengatakan panen dimulai dari sawah yang berada paling kiri menuju sawah yang paling kanan.

Ketika tetua adat itu meminta pemanen padi bergerak, sejurus kemudian para remaja bergerak menyalakan sreng dor. Ada juga remaja lainnya menyalakan balon kertas untuk diterbangkan. Begitu sreng dor berbunyi bersahutan dan balon - balon beterbangan, orang - orang bersorak - sorai. Pada saat yang sama setiap pemanen mengayunkan ani - ani (alat potong padi) lebih cepat. "Beginilah tradisi kami memanen padi," katanya.

dikutip dari jawapos.co.id

Tulisan Terkait Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © Sumenep Blog| by Susi Support