Sikap dan Obsesi Pemkab Sumenep Membangun Kepulauan 2

6/11/2009

SALAH satu pekerjaan yang kini sedang dilakukan pemkab dalam upaya membangun kepulauan adalah menyusun rencana strategis (renstra). Penyusunan renstra kepulauan merupakan tahap yang penting. Sebab, ke depan akan menjadi tumpuan dalam pengembangan kepulauan.

Dalam rangka menyusun renstra, pemkab memberikan kesempatan kepada bappeda untuk mendesainnya dengan baik. Melalui bidang percepatan pembangunan kepulauan, bappeda mencoba memotret semua potensi di kepulauan.


Kepala Bappeda Sumenep Soengkono Sidik melalui Kabid Percepatan Pembangunan Kepulauan Abd. Kahir, pengembangan kepulauan sudah menjadi agenda penting saat ini. Sebab, potensi di kepulauan diakui atau tidak belum sepenuhnya tergarap maksimal.

"Awal, memang fokus pada penyusunan renstra. Ini meliputi penyusunan kebijakan, program dari berbagai urusan pemerintahan untuk kepulauan," kata Kahir.

Selanjutnya, bappeda akan menyusun dan mengevaluasi baik secara eksternal maupun internal. "Baru setelah itu, pada tahap penyusunan zonasi untuk kepulauan. Zonasi itu akan disusun berdasarkan karakteristik wilayah," paparnya.

Selain itu, menurut Kahir, ada hal lain yang juga perlu segera diselesaikan di kepulauan. Antara lain mencari pemecahan masalah yang muncul di kepulauan. Salah satunya mengenai keterbatasan air di wilayah kepulauan.

Kahir menyontohkan beberapa wilayah di kepulauan yang sering kekurangan air. Seperti di Kepulauan Gili Raja di Kecamatan Gili Genting. Setiap tahun, bahkan sepanjang tahun, ada kecenderungan kurangnya sarana air bersih.

"Untuk itu, pemkab akan mencoba untuk mengenalkan teknologi tepat guna," jelasnya.

Persoalan keterbatasan air bersih juga dirasakan oleh sejumlah warga di beberapa wilayah kepulauan lainnya. Itu semua yang akan menjadi titik fokus penyusunan renstra untuk kepulauan.

"Juga ada pengelolaan potensi lokal yang akan digarap serius oleh dinas teknis. Seperti potensi rumput laut yang banyak di kepulauan Sapeken. Itu nantinya yang akan lebih dikembangkan," pungkasnya.

Lihat juga tulisan Sikap dan Obsesi Pemkab Sumenep Membangun Kepulauan 1
dikutip: jawapos.co.id

Tulisan Terkait Lainnya



0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © Sumenep Blog| by Susi Support